Akper Polri – Ayo Gabung di Akper Polri dan Jadilah Bagian dari Masa Depan Kesehatan Indonesia!

Akper Polri – Akademi Keperawatan Polri, sebuah institusi pendidikan yang berkomitmen tinggi untuk menghasilkan lulusan tenaga keperawatan yang unggul, profesional, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan agama. Berlokasi di Jakarta Timur dan berada di bawah naungan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Akper Polri telah menjadi salah satu institusi terkemuka dalam pendidikan keperawatan di Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahinya lebih dalam.

Visi Akper Polri

Memiliki visi yang jelas, yaitu menjadi institusi pendidikan keperawatan dengan tata kelola lembaga yang bertaraf internasional. Visi ini tercermin dalam komitmennya untuk menghasilkan lulusan tenaga keperawatan yang unggul, profesional, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan agama. Akper Polri berusaha untuk memberikan pendidikan terbaik dalam bidang keperawatan, sehingga lulusannya dapat menjadi pemimpin masa depan dalam dunia kesehatan Indonesia.

Program Studi Keperawatan di Akper Polri

Menawarkan program studi keperawatan dengan jenjang diploma tiga (D3) yang dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun. Lulusan Akper Polri akan mendapatkan gelar Ahli Madya Keperawatan (A.Md.Kep) dan akan siap untuk bekerja sebagai perawat di berbagai setting kesehatan, termasuk rumah sakit, puskesmas, klinik, atau lembaga kesehatan lainnya.

Selama program studi, mahasiswa Akper Polri akan mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang keperawatan, keterampilan klinis yang kuat, dan etika profesional yang tinggi.

Syarat Masuk Akper Polri

Calon mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Warga Negara Indonesia, Calon mahasiswa harus menjadi warga negara Indonesia.
  2. Usia Maksimal 22 Tahun, Calon mahasiswa harus berusia maksimal 22 tahun pada saat pendaftaran.
  3. Lulusan SMA/SMK/MA Jurusan IPA atau Sederajat, Calon mahasiswa harus merupakan lulusan SMA/SMK/MA jurusan IPA atau sederajat dengan nilai rata-rata minimal 7,0.
  4. Tinggi Badan Minimal 160 cm (Pria) dan 155 cm (Wanita), Calon mahasiswa pria harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm, sedangkan calon mahasiswa wanita harus memiliki tinggi badan minimal 155 cm.
  5. Berat Badan Ideal Calon mahasiswa harus memiliki berat badan ideal sesuai dengan tinggi badan.
  6. Sehat Jasmani dan Rohani Calon mahasiswa harus menjaga kesehatan jasmani dan rohani.
  7. Tidak Buta Warna, Tidak Cacat Fisik, dan Tidak Hamil, Calon mahasiswa tidak boleh memiliki gangguan penglihatan buta warna, cacat fisik yang menghambat pekerjaan sebagai perawat, atau dalam keadaan hamil saat mendaftar.
  8. Bersedia Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan di Akper Polri, Calon mahasiswa harus bersedia mengikuti program pendidikan dan pelatihan yang diberikan oleh Akper Polri.
  9. Bersedia Ditempatkan di Seluruh Wilayah Indonesia Setelah lulus sesuai dengan kebutuhan Polri.

Biaya Kuliah dan Beasiswa

Untuk biaya kuliah pada tahun ajaran 2021/2022 adalah sekitar Rp 72 juta per tahun. Biaya ini mencakup biaya pendaftaran, uang pangkal, uang kuliah, uang praktikum, uang seragam, uang buku, uang asrama, dan uang wisuda.

Selain itu, Akper Polri juga memiliki program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa ini dapat berupa beasiswa penuh, beasiswa sebagian, atau beasiswa pinjaman. Pemberian beasiswa didasarkan pada kriteria akademik, non-akademik, dan kesejahteraan.

Keunggulan Akper Polri

Memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar karir di bidang keperawatan.

  1. Pengajar Berkualitas Memiliki dosen-dosen yang berpengalaman dan berkualitas dalam bidang keperawatan. Mereka akan memberikan pendidikan yang berkualitas tinggi dan membimbing mahasiswa dalam mengembangkan potensi mereka.
  2. Fasilitas Modern: Dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk laboratorium kesehatan, ruang praktikum, perpustakaan, dan aula kuliah. Fasilitas ini membantu mahasiswa dalam memahami teori dan praktek keperawatan dengan baik.
  3. Kerjasama dengan Fasilitas Kesehatan Terkemuka: Memiliki kerjasama dengan berbagai fasilitas kesehatan terkemuka, yang memungkinkan mahasiswa untuk mengikuti praktikum dan magang di tempat-tempat tersebut. Ini memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi mahasiswa.
  4. Jaringan Alumni yang Luas: Lulusan Akper Polri telah sukses di berbagai bidang kesehatan dan memiliki jaringan alumni yang kuat. Ini dapat menjadi peluang bagi mahasiswa untuk membangun hubungan profesional dan mendapatkan pekerjaan setelah lulus.
  5. Komitmen terhadap Etika Profesional: Mengajarkan pentingnya etika dan profesionalisme dalam praktek keperawatan. Ini menciptakan perawat yang tidak hanya kompeten secara klinis, tetapi juga berintegritas tinggi dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

Kesimpulan

Akper Polri adalah pilihan yang sangat menarik bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar karir di bidang keperawatan. Dengan visi dan misi yang jelas, program studi berkualitas tinggi, persyaratan masuk yang ketat, serta dukungan dalam bentuk beasiswa, Akper Polri merupakan tempat yang ideal untuk membentuk masa depan kesehatan Indonesia yang lebih baik.

Jadi, jika Anda memiliki minat dan potensi dalam bidang keperawatan, jangan ragu untuk bergabung di Akademi Keperawatan Polri. Jadilah bagian dari komunitas yang berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top