Biodata Kadiv Propam Polri – Mari Kita Kenali Sosoknya Lebih Dekat!

Biodata Kadiv Propam Polri – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) adalah salah satu lembaga yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya, Polri memiliki aturan dan kode etik yang harus dipatuhi oleh seluruh anggotanya. Untuk memastikan bahwa aturan dan kode etik ini dijalankan dengan baik, ada satu jabatan yang sangat krusial, yaitu Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri atau yang biasa disingkat sebagai Kadiv Propam Polri. Kadiv Propam Polri bertanggung jawab atas pengawasan, pemeriksaan, dan penegakan kode etik dan disiplin anggota Polri. Selain itu, Kadiv Propam Polri juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan) yang menjadi fokus Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kadiv Propam Polri saat ini dijabat oleh Irjen Pol. Syahar Diantono, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Beliau menggantikan Irjen Pol. Ferdy Sambo yang diangkat menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Kadiv Propam Polri berada di bawah koordinasi Kepala Divisi Humas Polri, yang saat ini dijabat oleh Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Biodata Kadiv Propam Polri: Irjen Pol. Syahar Diantono

Irjen Pol. Syahar Diantono lahir di Blora, Jawa Tengah, pada tanggal 2 Februari 1970. Beliau merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991, satu angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selama perjalanan karirnya dalam Polri, Irjen Pol. Syahar Diantono telah mengumpulkan beragam pengalaman dalam berbagai bidang.

Beliau pernah menjabat sebagai Kapolres Pasuruan, di mana tugasnya adalah mengawasi keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut. Dalam jabatan ini, Irjen Pol. Syahar Diantono harus mampu menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat, untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Selanjutnya, beliau menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Jatim (Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur), yang merupakan jabatan dengan tanggung jawab dalam menangani kasus-kasus kriminal yang kompleks dan memerlukan investigasi mendalam. Keberhasilan dalam menyelesaikan kasus-kasus tersebut sangat bergantung pada keahlian dan pengalaman seorang perwira Polri dalam bidang reserse.

Selain itu, Irjen Pol. Syahar Diantono juga pernah menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Kepri (Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau), yang menunjukkan kemampuannya dalam menghadapi tantangan di wilayah yang berbeda. Keberagaman kondisi geografis dan sosial di Indonesia memerlukan kemampuan adaptasi yang tinggi dari seorang perwira Polri.

Karir yang Terus Berkembang

Karirnya pun terus berkembang, dan beliau pernah menduduki posisi Kabagpenum Divhumas Polri (Kepala Bagian Penerangan Divisi Humas Polri). Dalam jabatan ini, Irjen Pol. Syahar Diantono memiliki peran dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan dan tugas-tugas Polri. Komunikasi yang baik antara Polri dan masyarakat sangat penting untuk menciptakan rasa kepercayaan dan kerjasama yang baik.

Setelah itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Karo PID Divhumas Polri (Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri), yang merupakan jabatan yang lebih tinggi dalam hierarki Divisi Humas Polri. Dalam posisi ini, Irjen Pol. Syahar Diantono harus mampu mengelola berbagai isu yang berkaitan dengan Polri dan memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada masyarakat akurat dan transparan.

Karirnya terus menanjak, dan beliau juga pernah menjabat sebagai Dirtipidter Bareskrim Polri (Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri). Dalam jabatan ini, Irjen Pol. Syahar Diantono bertanggung jawab dalam menangani kasus-kasus kriminal yang memiliki dampak besar terhadap masyarakat. Tugas ini sangat menuntut keahlian investigasi yang tinggi.

Kesimpulan

Irjen Pol. Syahar Diantono adalah sosok yang memiliki pengalaman dan kemampuan yang sangat mumpuni dalam menjalankan tugasnya sebagai Kadiv Propam Polri. Beliau telah menjalani berbagai tugas dan jabatan dalam Polri, dari tingkat daerah hingga pusat, yang menunjukkan dedikasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Indonesia.

Sebagai Kadiv Propam Polri, Irjen Pol. Syahar Diantono memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga integritas dan profesionalisme anggota Polri. Program Presisi yang menjadi fokus Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yaitu Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, dan Berkeadilan, juga akan menjadi bagian penting dalam tugasnya. Dengan pengalaman dan dedikasi yang dimiliki, Irjen Pol. Syahar Diantono diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mampu menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Dengan profil yang telah kita kenali lebih dekat, kita dapat memberikan dukungan kepada Kadiv Propam Polri dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Indonesia. Semoga Irjen Pol. Syahar Diantono dapat terus memberikan kontribusi yang positif dalam pembangunan dan perlindungan bangsa ini. Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian beliau dalam menjaga keamanan dan ketertiban kita semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top