Contoh Soal Psikologi Polri – Siapkan Diri Anda untuk Soal Psikologi Polri!

Contoh Soal Psikologi Polri

Contoh Soal Psikologi Polri – Psikologi Polri adalah salah satu tahapan seleksi yang harus dihadapi oleh calon anggota Polri. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mental dan karakteristik pribadi calon anggota Polri yang sesuai dengan tuntutan profesi Polri. Dalam tes ini, beberapa faktor dinilai, seperti kecerdasan, kepribadian, minat, dan sikap kerja. Tes psikologi Polri adalah tahapan krusial dalam proses seleksi, dan persiapannya perlu dilakukan dengan baik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa contoh soal psikologi Polri beserta jawabannya untuk membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Contoh Soal Psikologi Polri Beserta Jawabannya

  1. Faktor Kecerdasan: Kecerdasan Umum Perhatikan deret angka berikut! 248, 246, 242, …, …, 218, 206. Angka yang tepat untuk mengisi angka kosong tersebut ialah?
  • a. 238, 230
  • b. 236, 228
  • c. 234, 226
  • d. 232, 224 Jawaban: C. 234, 226. Deret angka tersebut mengurangi 2 pada angka pertama dan mengurangi 4 pada angka kedua secara bergantian.
  1. Faktor Kepribadian: Penyesuaian Diri Anda sedang bertugas di daerah yang jauh dari keluarga dan teman-teman Anda. Anda merasa kesepian dan bosan. Apa yang akan Anda lakukan?
  • a. Saya akan mencari hiburan dengan bermain game online atau menonton film.
  • b. Saya akan mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja dan masyarakat sekitar.
  • c. Saya akan menghubungi keluarga dan teman-teman saya secara rutin untuk berbagi cerita dan mengobati rasa rindu.
  • d. Saya akan mengajukan permintaan pindah ke daerah yang lebih dekat dengan keluarga dan teman-teman saya. Jawaban: B. Saya akan mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja dan masyarakat sekitar. Jawaban ini menunjukkan sikap yang positif dan fleksibel dalam menghadapi situasi yang tidak menyenangkan. Jawaban A menunjukkan sikap yang pasif dan menghindar dari masalah. Jawaban C menunjukkan sikap yang tergantung dan tidak mandiri. Jawaban D menunjukkan sikap yang tidak profesional dan tidak bertanggung jawab.

Contoh Soal Psikologi Polri Beserta Jawabannya

  1. Faktor Minat: Pelayanan Sosial Anda melihat seorang anak kecil yang tersesat di jalan raya. Apa yang akan Anda lakukan?
  • a. Saya akan mengabaikannya dan melanjutkan perjalanan saya.
  • b. Saya akan menanyakan nama dan alamatnya, lalu mengantarnya ke rumahnya atau ke kantor polisi terdekat.
  • c. Saya akan memberinya uang atau makanan, lalu membiarkannya mencari jalan sendiri.
  • d. Saya akan mengambil barang-barang yang dibawanya, lalu meninggalkannya begitu saja. Jawaban: B. Saya akan menanyakan nama dan alamatnya, lalu mengantarnya ke rumahnya atau ke kantor polisi terdekat. Jawaban ini menunjukkan minat yang tinggi untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Jawaban A menunjukkan minat yang rendah untuk membantu orang lain. Jawaban C menunjukkan minat yang kurang tepat untuk membantu orang lain. Jawaban D menunjukkan minat yang negatif dan merugikan orang lain.
  1. Faktor Sikap Kerja: Daya Tahan Anda sedang mengikuti pelatihan fisik yang sangat melelahkan dan menyakitkan. Apa yang akan Anda lakukan?
  • a. Saya akan menyerah dan berhenti mengikuti pelatihan.
  • b. Saya akan mengeluh dan meminta pelatihan dihentikan atau dikurangi intensitasnya.
  • c. Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan pelatihan dengan baik dan benar.
  • d. Saya akan berpura-pura sakit atau cedera agar bisa istirahat atau dibebaskan dari pelatihan. Jawaban: C. Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan pelatihan dengan baik dan benar. Jawaban ini menunjukkan sikap kerja yang tangguh dan tidak mudah menyerah. Jawaban A menunjukkan sikap kerja yang lemah dan tidak bertanggung jawab. Jawaban B menunjukkan sikap kerja yang menghindar dan tidak profesional. Jawaban D menunjukkan sikap kerja yang curang dan tidak jujur.

Demikian beberapa contoh soal psikologi Polri beserta jawabannya yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tes psikologi Polri.

Kesimpulan

Tes psikologi Polri adalah tahapan penting dalam proses seleksi calon anggota Polri. Dalam tes ini, calon anggota akan diuji dalam berbagai faktor, seperti kecerdasan, kepribadian, minat, dan sikap kerja. Penting untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes ini. Contoh soal psikologi Polri beserta jawabannya di atas dapat menjadi panduan awal untuk mengukur diri Anda dan melatih kemampuan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dalam tes psikologi Polri. Semoga artikel ini membantu Anda meraih kesuksesan dalam proses seleksi Polri yang Anda ikuti.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top