logo jadipolri

Catur Prasetya Polri – Rahasia Tugas Mulia Polri Terungkap: Inilah Makna Mendalam di Balik Catur Prasetya!

Catur Prasetya Polri- Catur Prasetya Polri adalah salah satu pilar penting dalam etika dan moral anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang harus dijunjung tinggi oleh setiap polisi dalam menjalankan tugasnya. Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai apa itu Catur Prasetya Polri, sejarahnya, teks Catur Prasetya, apa itu Tri Brata Polri, perbedaan antara Tri Brata dan Catur Prasetya, serta kesimpulan mengenai pentingnya kedua landasan ini.

Apa Itu Catur Prasetya Polri?

Catur Prasetya Polri adalah pedoman moral dan etika yang harus dipegang oleh setiap anggota Polri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kata “Catur” dalam bahasa Sanskerta berarti empat, dan “Prasetya” berarti sumpah atau janji. Jadi, Catur Prasetya dapat diartikan sebagai empat janji atau sumpah yang menjadi panduan bagi polisi.

Catur Prasetya terdiri dari empat prinsip utama yang mencerminkan komitmen moral dan etika seorang polisi. Prinsip-prinsip ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap tindakan dan keputusan yang diambil oleh polisi selalu sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan hukum.

Sejarah Catur Prasetya

Sejarah Catur Prasetya Polri bermula dari upaya untuk membentuk sebuah pedoman etika yang kuat bagi anggota kepolisian. Catur Prasetya diperkenalkan sebagai bagian dari reformasi kepolisian Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan integritas anggotanya. Reformasi ini menjadi sangat penting setelah era Orde Baru, di mana Polri mulai memisahkan diri dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan berfokus pada tugas-tugas kepolisian yang lebih sipil.

Dengan adanya Catur Prasetya, diharapkan anggota Polri dapat lebih profesional dan humanis dalam menjalankan tugasnya, serta mampu menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian.

Teks Catur Prasetya

Berikut adalah teks lengkap Catur Prasetya Polri:

  1. Kami Polisi Indonesia adalah insan bhayangkara Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Kami Polisi Indonesia adalah insan yang menjunjung tinggi hukum dan undang-undang Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Kami Polisi Indonesia adalah insan yang bertanggung jawab dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat dengan keikhlasan dan kejujuran.
  4. Kami Polisi Indonesia adalah insan yang senantiasa menjaga kehormatan, kepercayaan, dan kebanggaan Korps Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Teks ini menggambarkan betapa pentingnya integritas, kejujuran, tanggung jawab, dan penghormatan terhadap hukum dan masyarakat bagi setiap anggota Polri.

Apa Itu Tri Brata Polri?

Selain Catur Prasetya, ada juga Tri Brata yang menjadi landasan moral lainnya bagi Polri. Tri Brata merupakan tiga janji suci yang harus dipegang teguh oleh setiap anggota Polri. Tri Brata berasal dari bahasa Sanskerta, di mana “Tri” berarti tiga dan “Brata” berarti janji atau sumpah.

Berikut adalah teks lengkap Tri Brata Polri:

  1. Berbakti kepada nusa dan bangsa dengan penuh ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  3. Senantiasa melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

Tri Brata mencakup tiga prinsip utama yang menekankan pentingnya ketakwaan kepada Tuhan, penegakan hukum yang adil dan manusiawi, serta pelayanan kepada masyarakat.

Perbedaan Tri Brata dan Catur Prasetya

Meskipun Tri Brata dan Catur Prasetya sama-sama merupakan pedoman etika bagi anggota Polri, keduanya memiliki perbedaan dalam fokus dan jumlah prinsip yang dipegang.

Jumlah Prinsip:

    • Tri Brata terdiri dari tiga prinsip atau janji.
    • Catur Prasetya terdiri dari empat prinsip atau janji.

    Fokus Prinsip:

      • Tri Brata lebih menekankan pada ketakwaan, keadilan, dan pelayanan kepada masyarakat.
      • Catur Prasetya lebih menekankan pada integritas, tanggung jawab, dan penghormatan terhadap hukum dan masyarakat.

      Aspek Moral dan Etika:

        • Tri Brata mengedepankan nilai-nilai spiritual dan moral universal dalam pelaksanaan tugas kepolisian.
        • Catur Prasetya lebih spesifik dalam menekankan aspek-aspek tanggung jawab profesional dan etika pelayanan kepada masyarakat.

        Kesimpulan

        Catur Prasetya Polri dan Tri Brata Polri merupakan dua pedoman moral yang sangat penting bagi setiap anggota Polri. Keduanya dirancang untuk memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil oleh polisi selalu sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan hukum. Dengan menjunjung tinggi Catur Prasetya dan Tri Brata, anggota Polri diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan profesionalisme, integritas, dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

        Pedoman ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pengendali internal, tetapi juga sebagai dasar untuk membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap Polri. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam dan penerapan yang konsisten dari Catur Prasetya dan Tri Brata sangatlah penting bagi setiap anggota Polri, agar dapat mewujudkan kepolisian yang humanis, berintegritas, dan profesional dalam melayani masyarakat Indonesia.

        Testimoni jadiPOLRI

        Slide

        Program Premium Tes POLRI di Bimbel jadiPOLRI

        “Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

        Slide
        Slide
        Slide
        Slide
        Slide
        Slide
        previous arrow
        next arrow

        📋 Cara Membeli dengan Mudah:

        1. Unduh Aplikasi JadiPOLRI: Temukan aplikasi JadiPOLRI di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
        2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiPOLRI Anda melalui aplikasi atau situs web.
        3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
        4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BIMBELPOLRI” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
        5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES55”, masukkan untuk diskon tambahan.
        6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
        7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

        Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen atau Tes POLRI? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

        Leave a Comment

        Your email address will not be published. Required fields are marked *

        Scroll to Top