logo jadipolri

Divpropam Polri – Rahasia Tersembunyi Divpropam Polri: Mengungkap Peran Pentingnya dalam Menjaga Integritas Kepolisian!

Divpropam Polri- Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri merupakan bagian integral dari Kepolisian Republik Indonesia yang memiliki peran penting dalam menjaga disiplin, etika, dan profesionalisme anggota Polri. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam mengenai Divpropam Polri, termasuk sejarah, fungsi, struktur organisasi, serta peran pentingnya dalam menjaga kehormatan dan integritas institusi kepolisian.

Sejarah Divpropam Polri

Divpropam Polri telah ada sejak lama dan merupakan hasil evolusi dari sistem pengawasan internal di dalam Polri. Sejarahnya dimulai sejak pembentukan Polri pada tahun 1946. Namun, Divpropam Polri secara resmi diresmikan pada tahun 2003 sebagai wadah khusus yang bertugas untuk mengawasi disiplin dan etika anggota Polri.

Fungsi Divpropam Polri

  1. Menjaga Disiplin Anggota Polri: Salah satu fungsi utamanya adalah menjaga disiplin anggota Polri sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Mereka melakukan penyelidikan terhadap pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh anggota Polri dan memberikan sanksi yang sesuai.
  2. Mengawasi Etika dan Moralitas: Bertanggung jawab untuk mengawasi etika dan moralitas anggota Polri. Mereka memastikan bahwa setiap anggota Polri menjaga integritas dan perilaku yang sesuai dengan kode etik profesi kepolisian.
  3. Penegakan Aturan dan Standar Profesi: Divpropam Polri bertugas untuk menegakkan aturan dan standar profesi kepolisian. Mereka memastikan bahwa setiap anggota Polri mematuhi kode etik, prosedur operasional standar, dan peraturan lainnya yang berlaku.
  4. Penyelidikan Pelanggaran HAM: Divpropam Polri juga terlibat dalam penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dilakukan oleh anggota Polri. Mereka bertindak sebagai penegak hukum internal untuk memastikan bahwa setiap anggota Polri bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip HAM yang berlaku.

Struktur Organisasi Divpropam Polri

Divpropam Polri memiliki struktur organisasi yang terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

  1. Direktorat Penegakan Hukum: Bertanggung jawab untuk melakukan penyelidikan terhadap pelanggaran disiplin dan etika yang dilakukan oleh anggota Polri. Mereka juga bertindak sebagai penegak hukum internal dalam menangani kasus-kasus pelanggaran hukum yang melibatkan anggota Polri.
  2. Direktorat Pengawasan Internal: Bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas-tugas kepolisian oleh anggota Polri. Mereka memastikan bahwa setiap anggota Polri menjalankan tugasnya dengan profesional dan sesuai dengan standar operasional yang berlaku.
  3. Direktorat Penyidikan dan Analisis: Bertanggung jawab untuk melakukan penyelidikan dan analisis terhadap dugaan pelanggaran disiplin dan etika yang dilakukan oleh anggota Polri. Mereka mengumpulkan bukti-bukti dan informasi yang diperlukan untuk menindaklanjuti kasus-kasus tersebut.

Peran Penting Divpropam Polri dalam Menjaga Kehormatan dan Integritas Polri

Divpropam Polri memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kehormatan dan integritas Polri sebagai institusi penegak hukum yang terpercaya. Dengan melakukan pengawasan terhadap disiplin, etika, dan moralitas anggota Polri, Divpropam Polri membantu memastikan bahwa Polri tetap menjadi pilar keamanan dan ketertiban masyarakat yang kuat dan dapat diandalkan.

Kesimpulan

Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri adalah wadah penting dalam menjaga disiplin, etika, dan profesionalisme anggota Polri. Melalui fungsi-fungsinya yang meliputi menjaga disiplin, mengawasi etika dan moralitas, menegakkan aturan dan standar profesi, serta menyelidiki pelanggaran HAM, Divpropam Polri memainkan peran kunci dalam memastikan bahwa Polri tetap menjadi institusi yang berintegritas dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Dengan demikian, Divpropam Polri merupakan salah satu pilar utama dalam menjaga kehormatan dan integritas Polri sebagai penegak hukum yang adil dan berkeadilan.

Testimoni jadiPOLRI

Slide

Program Premium Tes POLRI di Bimbel jadiPOLRI

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiPOLRI: Temukan aplikasi JadiPOLRI di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiPOLRI Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BIMBELPOLRI” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES55”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen atau Tes POLRI? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top