logo jadipolri

Jadwal Penerimaan Polri 2024 – Terungkap! Penerimaan Polri: Peluang Emas Jadi Abdi Negara, Jangan Sampai Terlewatkan!

Jadwal Penerimaan Polri 2024- Menjadi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) adalah impian banyak pemuda di seluruh Nusantara. Tidak hanya karena gengsi dan kehormatan yang melekat pada profesi ini, tetapi juga kesempatan untuk berkontribusi langsung dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Setiap tahun, Polri membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung melalui berbagai jalur penerimaan, salah satunya adalah penerimaan Bintara. Artikel ini akan membahas secara lengkap dan mendetail mengenai jadwal penerimaan Polri tahun 2024, syarat-syarat yang harus dipenuhi, serta tahapan seleksinya.

Apa Itu Penerimaan Polri?

Penerimaan Polri adalah proses rekrutmen yang dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menyeleksi calon-calon anggota baru. Proses ini terbuka untuk berbagai jenjang pendidikan dan usia, mulai dari tamtama, bintara, hingga perwira. Setiap tahun, Polri menyelenggarakan penerimaan dalam beberapa gelombang untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan calon-calon terbaik yang siap mengabdikan diri untuk negara dan masyarakat.

Jadwal Penerimaan Polri 2024

Salah satu informasi yang paling ditunggu-tunggu oleh calon pendaftar adalah jadwal penerimaan Polri. Untuk tahun 2024, jadwal penerimaan Polri telah diumumkan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pengumuman Resmi: Polri akan mengumumkan pembukaan penerimaan melalui situs resmi mereka, yaitu penerimaan.polri.go.id pada awal Januari 2024. Calon pendaftar disarankan untuk sering memeriksa situs ini untuk mendapatkan informasi terkini.
  2. Pendaftaran Online: Pendaftaran online biasanya dibuka pada bulan Februari dan berlangsung selama satu bulan penuh. Calon pendaftar harus mengisi formulir pendaftaran secara online dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan.
  3. Verifikasi Dokumen: Setelah pendaftaran online ditutup, tahap berikutnya adalah verifikasi dokumen yang akan dilaksanakan pada bulan Maret. Pada tahap ini, calon pendaftar harus datang ke lokasi yang telah ditentukan untuk memverifikasi dokumen asli.
  4. Tes Administrasi: Tes administrasi akan diadakan pada akhir Maret. Tes ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua dokumen yang diserahkan telah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.
  5. Tes Kesehatan Tahap I: Dilaksanakan pada awal April, tes kesehatan tahap I bertujuan untuk memeriksa kondisi kesehatan fisik calon pendaftar.
  6. Tes Kesamaptaan Jasmani: Tes ini akan diadakan pada pertengahan April dan meliputi berbagai kegiatan fisik seperti lari, push-up, dan sit-up.
  7. Tes Psikologi: Tes psikologi akan dilakukan pada akhir April untuk menilai kesehatan mental dan karakter calon pendaftar.
  8. Tes Akademik: Tes akademik dijadwalkan pada awal Mei dan mencakup mata pelajaran umum seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum.
  9. Tes Kesehatan Tahap II: Tes kesehatan tahap II akan diadakan pada pertengahan Mei untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan yang terlewat pada tahap pertama.
  10. Tes Kompetensi Keahlian (TKK): TKK dijadwalkan pada akhir Mei dan mencakup tes kemampuan khusus sesuai dengan posisi yang dilamar.
  11. Sidang Penetapan Kelulusan Akhir: Dilakukan pada awal Juni, sidang ini akan menentukan calon-calon yang lulus seleksi dan berhak mengikuti pendidikan Polri.

Syarat Pendaftaran Penerimaan Polri 2024

Untuk mengikuti penerimaan Polri 2024, calon pendaftar harus memenuhi beberapa syarat umum dan khusus, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendaftaran.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat.
  5. Tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita.
  6. Tidak memiliki catatan kriminal yang dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian setempat.
  7. Belum pernah menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama pendidikan berlangsung.
  8. Tidak bertato dan tidak memiliki tindik di telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tahapan Seleksi Penerimaan Polri 2024

Proses seleksi penerimaan Polri terdiri dari beberapa tahap yang harus dilalui oleh setiap calon pendaftar. Tahapan seleksi ini dirancang untuk menilai berbagai aspek dari calon pendaftar, mulai dari kesehatan fisik hingga kemampuan akademik dan mental.

  1. Pendaftaran Online: Calon pendaftar harus mengisi formulir pendaftaran secara online melalui situs resmi Polri.
  2. Verifikasi Dokumen: Calon pendaftar harus membawa dokumen asli untuk diverifikasi.
  3. Tes Administrasi: Pemeriksaan kelengkapan dokumen dan kesesuaian dengan persyaratan.
  4. Tes Kesehatan Tahap I: Pemeriksaan kesehatan fisik yang meliputi tes darah, tes mata, tes jantung, dan lain-lain.
  5. Tes Kesamaptaan Jasmani: Tes kemampuan fisik yang meliputi lari 12 menit, push-up, sit-up, shuttle run, dan berenang.
  6. Tes Psikologi: Tes untuk menilai kepribadian, kecerdasan, dan stabilitas mental calon pendaftar.
  7. Tes Akademik: Tes yang meliputi mata pelajaran umum seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum.
  8. Tes Kesehatan Tahap II: Pemeriksaan kesehatan lanjutan untuk memastikan calon pendaftar benar-benar sehat.
  9. Tes Kompetensi Keahlian (TKK): Tes kemampuan khusus sesuai dengan posisi yang dilamar.
  10. Sidang Penetapan Kelulusan Akhir: Penentuan calon-calon yang lulus seleksi dan berhak mengikuti pendidikan Polri.

Kesimpulan

Penerimaan Polri 2024 adalah kesempatan emas bagi putra-putri Indonesia yang ingin mengabdikan diri sebagai anggota kepolisian. Dengan memahami jadwal penerimaan, syarat-syarat yang harus dipenuhi, dan tahapan seleksi, calon pendaftar dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi proses seleksi yang ketat. Polri terus berupaya untuk mendapatkan calon-calon terbaik yang siap menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia.

Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, setiap calon pendaftar memiliki peluang untuk sukses dalam penerimaan Polri 2024. Selamat berjuang dan semoga sukses!

Testimoni jadiPOLRI

Slide

Program Premium Tes POLRI di Bimbel jadiPOLRI

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiPOLRI: Temukan aplikasi JadiPOLRI di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiPOLRI Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BIMBELPOLRI” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES55”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen atau Tes POLRI? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top