logo jadipolri

Lambang Polri – Rahasia Terungkap: Makna Mendalam di Balik Lambang Intel Polri! Anda Akan Terkejut Saat Mengetahuinya!

Lambang Polri- Di balik seragam dan pangkat para personel Kepolisian Republik Indonesia (Polri), terdapat sebuah lambang yang mencerminkan nilai-nilai dan semangat mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban bangsa. Lambang ini, yang dikenal sebagai Lambang Polri, bukan sekadar gambar biasa, melainkan sebuah simbol penuh makna yang mewakili identitas dan dedikasi institusi penegak hukum terhormat ini.

Apa Itu Lambang Polri?

Lambang Polri adalah sebuah simbol yang menggabungkan beberapa elemen penting yang melambangkan tugas dan tanggung jawab Polri. Lambang ini digunakan pada berbagai atribut resmi Polri, seperti seragam, kendaraan dinas, dan dokumen resmi. Dengan simbol ini, setiap personel Polri diingatkan akan komitmen mereka terhadap bangsa dan negara.

Arti Lambang Polri

Lambang Polri memiliki makna yang mendalam dan kompleks. Berikut adalah penjelasan detail elemen-elemen yang terdapat dalam lambang:

  1. Perisai: Perisai berwarna biru melambangkan perlindungan dan pengamanan. Polri berkomitmen untuk melindungi rakyat Indonesia dari berbagai ancaman keamanan, baik internal maupun eksternal. Warna biru juga melambangkan kewaspadaan, ketenangan, dan kepercayaan, yang merupakan sifat-sifat penting bagi para personel Polri.
  2. Cakram: Cakram emas yang terdapat di tengah perisai melambangkan kekuatan, kesatuan, dan penghancuran kejahatan. Cakram ini mengingatkan personel Polri untuk selalu bersatu dan menggunakan kekuatan mereka untuk melawan kejahatan dan menegakkan hukum.
  3. Bintang Emas: Bintang emas di atas cakram melambangkan Pancasila, dasar negara Indonesia. Penempatan bintang ini menunjukkan komitmen Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Bintang emas juga melambangkan cita-cita luhur Polri untuk mencapai tujuannya dalam menjaga keamanan nasional.
  4. Daun Ranting: Dua daun ranting yang mengelilingi cakram melambangkan Tribrata, pedoman dasar Polri dalam menjalankan tugasnya. Tribrata terdiri dari tiga kata: Rakyat, Berbakti, Pelindung. Arti Tribrata adalah Polri harus selalu berbakti kepada rakyat dan menjadi pelindung rakyat.
  5. Prasasti: Prasasti di bawah perisai bertuliskan “POLRI” dan “1945”. “POLRI” merupakan singkatan dari Kepolisian Republik Indonesia, sedangkan “1945” menandakan tahun kemerdekaan Indonesia. Prasasti ini mengingatkan personel Polri untuk selalu mengingat sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia, serta untuk selalu mengabdikan diri kepada negara dan rakyat.

Mengapa Lambang Polri Bintang 3?

Lambang Polri sebenarnya tidak memiliki tiga bintang, melainkan satu bintang emas. Bintang emas ini melambangkan Pancasila, dasar negara Indonesia, dan bukan melambangkan pangkat. Kesalahan persepsi ini mungkin muncul karena tingginya penghormatan terhadap bintang sebagai simbol utama.

Kesimpulan

Lambang Polri bukan sekadar gambar, melainkan sebuah simbol penuh makna yang mewakili identitas dan dedikasi Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban bangsa. Lambang ini merupakan pengingat bagi para personel Polri untuk selalu menjalankan tugasnya dengan penuh integritas, profesionalisme, dan dedikasi demi terwujudnya Indonesia yang aman, damai, dan sejahtera.

Dengan memahami makna mendalam di balik Lambang Polri, kita bisa lebih menghargai dedikasi dan pengorbanan yang dilakukan oleh para personel Polri dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Lambang ini tidak hanya menghiasi seragam mereka, tetapi juga menjadi semangat yang terus mereka bawa dalam setiap langkah perjuangan menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh pelosok negeri.

Testimoni jadiPOLRI

Slide

Program Premium Tes POLRI di Bimbel jadiPOLRI

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiPOLRI: Temukan aplikasi JadiPOLRI di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiPOLRI Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BIMBELPOLRI” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES55”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen atau Tes POLRI? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top