logo jadipolri

Panglima Polri – Terungkap! Rahasia Kepemimpinan Panglima Polri: Siapa, Apa Tugasnya, dan Struktur Organisasinya

Panglima Polri- Indonesia sebagai negara kepulauan dengan beragam budaya dan adat istiadat memerlukan institusi penegak hukum yang kuat dan profesional. Salah satu pilar utama dalam menjaga ketertiban dan keamanan adalah Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Di puncak struktur organisasi Polri, ada sosok yang memegang kendali penuh atas institusi ini, yaitu Panglima Polri. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu Panglima Polri, siapa yang saat ini menjabat, tugas dan tanggung jawabnya, serta struktur organisasi yang mendukung tugas-tugasnya.

Apa Itu Panglima Polri?

Panglima Polri, yang sering disebut juga dengan Kapolri (Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia), adalah pemimpin tertinggi dalam struktur organisasi Polri. Panglima Polri bertanggung jawab atas keseluruhan operasi dan administrasi kepolisian di Indonesia. Posisi ini tidak hanya strategis tetapi juga sangat krusial dalam menentukan arah dan kebijakan yang diambil oleh Polri dalam menjalankan tugas-tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Siapa Panglima Polri?

Pejabat yang saat ini menjabat sebagai Panglima Polri adalah Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Beliau dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Januari 2021, menggantikan Jenderal Idham Azis. Jenderal Listyo Sigit Prabowo dikenal sebagai sosok yang berkomitmen tinggi terhadap reformasi di tubuh Polri dan memiliki visi untuk mewujudkan Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).

Tugas Panglima Polri

Sebagai pemimpin tertinggi Polri, Panglima Polri memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab yang luas dan kompleks. Beberapa tugas utama Panglima Polri antara lain:

  1. Menyusun Kebijakan Strategis: Menetapkan kebijakan strategis dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memastikan implementasi kebijakan tersebut berjalan dengan baik di seluruh jajaran Polri.
  2. Mengawasi dan Mengevaluasi Kinerja: Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja seluruh personel Polri, mulai dari level terendah hingga tertinggi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua anggota Polri bekerja sesuai dengan standar dan kode etik yang telah ditetapkan.
  3. Pembinaan dan Pengembangan SDM: Bertanggung jawab dalam pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia di Polri, termasuk pendidikan dan pelatihan bagi personel Polri agar mampu menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks.
  4. Pengamanan Nasional: Memimpin operasi-operasi penting yang berkaitan dengan pengamanan nasional, termasuk penanggulangan terorisme, pemberantasan narkotika, serta penanganan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.
  5. Koordinasi dengan Lembaga Lain: Menjalin koordinasi dengan lembaga-lembaga lain, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk mendukung tugas-tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.
  6. Pemeliharaan Hukum dan Keadilan: Menjamin bahwa penegakan hukum di Indonesia berjalan dengan adil dan transparan, serta mengatasi segala bentuk pelanggaran hukum dengan tegas namun tetap mengedepankan prinsip-prinsip hak asasi manusia.

Struktur Organisasi Panglima Polri

Struktur organisasi di bawah kepemimpinan Panglima Polri dirancang untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas tersebut secara efektif dan efisien. Berikut adalah gambaran umum dari struktur organisasi yang ada di bawah Panglima Polri:

  1. Wakil Kepala Polri (Wakapolri): Bertanggung jawab membantu Panglima Polri dalam mengawasi dan mengkoordinasikan tugas-tugas seluruh jajaran Polri.
  2. Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum): Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan Polri.
  3. Divisi Propam (Profesi dan Pengamanan): Bertugas menjaga disiplin, etika, dan integritas di dalam tubuh Polri.
  4. Divisi Humas (Hubungan Masyarakat): Menangani komunikasi dan informasi publik terkait dengan kebijakan dan kegiatan Polri.
  5. Divisi Reskrim (Reserse Kriminal): Mengurus penyelidikan dan penyidikan tindak pidana kriminal.
  6. Divisi Intelkam (Intelijen dan Keamanan): Melakukan pengumpulan dan analisis intelijen untuk kepentingan keamanan nasional.
  7. Divisi Binmas (Pembinaan Masyarakat): Mengelola program-program pembinaan masyarakat guna menciptakan kesadaran hukum dan partisipasi aktif dalam menjaga ketertiban.
  8. Divisi Sabhara (Sabhara dan Pengendalian Massa): Mengurus penanganan dan pengendalian massa, termasuk operasi-operasi besar yang membutuhkan kekuatan personel dalam jumlah besar.
  9. Divisi Lalu Lintas (Lantas): Mengelola lalu lintas dan keselamatan jalan raya, serta menegakkan hukum di bidang lalu lintas.

Setiap divisi dan satuan dalam Polri memiliki peran dan tanggung jawab spesifik yang mendukung keseluruhan fungsi dan tujuan dari organisasi Polri di bawah pimpinan Panglima Polri.

Kesimpulan

Panglima Polri adalah pilar utama dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Indonesia. Dengan tugas dan tanggung jawab yang kompleks, Panglima Polri memegang peran krusial dalam memastikan Polri dapat menjalankan fungsinya secara efektif dan efisien. Di bawah kepemimpinan yang visioner, diharapkan Polri dapat terus berkembang menjadi institusi yang profesional, transparan, dan dipercaya oleh masyarakat. Struktur organisasi yang mendukung tugas-tugas Panglima Polri dirancang untuk memastikan bahwa setiap aspek dari operasi dan administrasi Polri berjalan dengan optimal, sehingga tujuan besar menjaga keamanan dan ketertiban negara dapat tercapai dengan baik.

Dengan demikian, melalui artikel ini diharapkan masyarakat dapat memahami lebih dalam mengenai apa itu Panglima Polri, siapa yang memegang jabatan ini saat ini, tugas dan tanggung jawabnya, serta struktur organisasi yang mendukung tugas-tugas tersebut. Panglima Polri tidak hanya seorang pemimpin, tetapi juga simbol dari komitmen Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia.

Testimoni jadiPOLRI

Slide

Program Premium Tes POLRI di Bimbel jadiPOLRI

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiPOLRI: Temukan aplikasi JadiPOLRI di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiPOLRI Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BIMBELPOLRI” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES55”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen atau Tes POLRI? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top