logo jadipolri

Tingkatan Pangkat Polri – Terungkap! Rahasia Tingkatan Pangkat di Polri yang Jarang Diketahui Publik

Tingkatan Pangkat Polri- Dalam struktur organisasi Polri, pangkat memiliki peranan penting dalam menunjukkan hierarki, tanggung jawab, serta wewenang dari setiap anggotanya. Pangkat-pangkat ini disusun secara sistematis dan memiliki jenjang yang jelas. Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang tingkatan pangkat di Polri, lengkap dengan tugas dan peran dari masing-masing pangkat.

Pengertian Pangkat di Polri

Pangkat adalah sebuah gelar atau tanda kedudukan yang menunjukkan status, wewenang, dan tanggung jawab seseorang dalam struktur organisasi kepolisian. Di Polri, pangkat tidak hanya mencerminkan senioritas, tetapi juga menjadi penanda kompetensi dan pengalaman seorang anggota Polri.

Jenjang Pangkat di Polri

Pangkat di Polri dibagi ke dalam beberapa golongan besar, yaitu Tamtama, Bintara, Perwira Pertama, Perwira Menengah, dan Perwira Tinggi. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai jenjang pangkat tersebut:

1. Tamtama

Tamtama adalah jenjang pangkat terendah di Polri. Mereka biasanya menjalankan tugas-tugas operasional di lapangan. Berikut adalah tingkatan pangkat dalam golongan Tamtama:

  • Bhayangkara Dua (Bharada): Pangkat ini merupakan pangkat awal bagi anggota yang baru saja bergabung dalam Polri. Tugas utama mereka adalah membantu tugas-tugas operasional dasar.
  • Bhayangkara Satu (Bharatu): Setelah beberapa tahun bertugas, seorang Bhayangkara Dua dapat dipromosikan menjadi Bhayangkara Satu. Mereka mulai diberikan tanggung jawab yang lebih besar.
  • Bhayangkara Kepala (Bharaka): Pangkat ini diberikan kepada anggota yang telah menunjukkan dedikasi dan kompetensi dalam tugasnya sebagai Bhayangkara Satu. Mereka memegang peran sebagai penengah antara junior dan senior dalam unit kerja.

2. Bintara

Bintara adalah jenjang pangkat menengah yang menjadi tulang punggung operasional Polri. Berikut adalah tingkatan pangkat dalam golongan Bintara:

  • Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda): Pangkat awal dalam golongan Bintara. Mereka mulai diberi tanggung jawab lebih besar, seperti memimpin tim kecil dalam operasi.
  • Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu): Pangkat ini merupakan jenjang lanjutan dari Abripda. Tanggung jawab dan wewenang mereka semakin besar.
  • Brigadir Polisi Dua (Bripda): Setelah beberapa tahun, seorang Abriptu bisa dipromosikan menjadi Bripda. Mereka biasanya memimpin operasi-operasi kecil.
  • Brigadir Polisi Satu (Briptu): Jenjang ini menunjukkan pengalaman dan kompetensi yang lebih tinggi dibanding Bripda.
  • Brigadir Polisi (Brigpol): Pangkat ini menunjukkan bahwa seorang anggota telah memiliki pengalaman yang luas dalam tugas-tugas kepolisian.
  • Brigadir Polisi Kepala (Bripka): Pangkat tertinggi dalam golongan Bintara. Mereka sering memegang peran kepemimpinan dalam unit kerja.

3. Perwira Pertama

Perwira Pertama adalah jenjang pangkat awal dalam golongan perwira. Mereka memegang peran yang lebih strategis dan sering kali memimpin unit-unit penting. Berikut adalah tingkatan pangkat dalam golongan Perwira Pertama:

  • Inspektur Polisi Dua (Ipda): Pangkat awal dalam golongan Perwira Pertama. Mereka biasanya ditugaskan sebagai komandan regu atau pemimpin unit kecil.
  • Inspektur Polisi Satu (Iptu): Pangkat ini diberikan kepada mereka yang telah menunjukkan kompetensi dalam menjalankan tugas sebagai Ipda.
  • Ajun Komisaris Polisi (AKP): Pangkat ini menunjukkan bahwa seorang perwira telah memiliki pengalaman dan kompetensi untuk memimpin unit yang lebih besar dan strategis.

4. Perwira Menengah

Perwira Menengah adalah jenjang pangkat yang lebih tinggi dengan tanggung jawab yang lebih besar dalam pengelolaan operasional dan administratif Polri. Berikut adalah tingkatan pangkat dalam golongan Perwira Menengah:

  • Komisaris Polisi (Kompol): Pangkat awal dalam golongan Perwira Menengah. Mereka memegang peran penting dalam pengelolaan operasional kepolisian.
  • Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP): Pangkat ini menunjukkan pengalaman yang lebih tinggi dan biasanya memegang peran kepemimpinan di satuan wilayah.
  • Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol): Pangkat tertinggi dalam golongan Perwira Menengah. Mereka memimpin satuan kerja besar dan strategis.

5. Perwira Tinggi

Perwira Tinggi adalah jenjang pangkat tertinggi di Polri dengan tanggung jawab besar dalam pengambilan keputusan strategis dan kebijakan. Berikut adalah tingkatan pangkat dalam golongan Perwira Tinggi:

  • Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol): Pangkat awal dalam golongan Perwira Tinggi. Mereka memegang peran penting dalam pengambilan keputusan strategis.
  • Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol): Pangkat ini menunjukkan tanggung jawab yang lebih besar dalam struktur kepolisian.
  • Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol): Pangkat ini biasanya memegang peran penting dalam kebijakan dan strategi Polri.
  • Jenderal Polisi (Jenderal Pol): Pangkat tertinggi di Polri. Mereka adalah pemegang keputusan utama dan memiliki tanggung jawab terbesar dalam seluruh struktur organisasi Polri.

Proses Kenaikan Pangkat

Kenaikan pangkat di Polri tidak terjadi secara otomatis tetapi melalui proses penilaian yang ketat. Beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan pangkat antara lain:

  • Kinerja dan Prestasi: Anggota Polri yang menunjukkan kinerja luar biasa dan memiliki prestasi tertentu akan diprioritaskan untuk naik pangkat.
  • Lama Masa Kerja: Setiap pangkat memiliki durasi minimal yang harus dipenuhi sebelum seorang anggota Polri bisa dipromosikan ke pangkat berikutnya.
  • Pendidikan dan Pelatihan: Anggota Polri yang telah mengikuti dan lulus dari pendidikan serta pelatihan khusus akan diprioritaskan untuk kenaikan pangkat.
  • Rekomendasi Atasan: Penilaian dari atasan langsung juga menjadi faktor penting dalam proses kenaikan pangkat.

Kesimpulan

Tingkatan pangkat di Polri merupakan sistem yang terstruktur dengan jelas untuk mengatur hierarki, tanggung jawab, dan wewenang di dalam organisasi. Dari Tamtama hingga Perwira Tinggi, setiap pangkat memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kenaikan pangkat di Polri didasarkan pada kinerja, prestasi, dan masa kerja, serta melalui proses penilaian yang ketat. Dengan memahami tingkatan pangkat di Polri, kita dapat lebih menghargai dedikasi dan pengorbanan yang dilakukan oleh anggota kepolisian dalam menjalankan tugas-tugas mereka demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Testimoni jadiPOLRI

Slide

Program Premium Tes POLRI di Bimbel jadiPOLRI

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiPOLRI: Temukan aplikasi JadiPOLRI di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiPOLRI Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BIMBELPOLRI” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES55”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen atau Tes POLRI? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top