logo jadipolri

Tunkin Polri – Tunjangan Kinerja Anggota Polri dan Cara Perhitungannya!

Tunkin Polri

Pendahuluan

Pengertian Tunkin Polri

Tunkin Polri – Tunjangan Kinerja (Tunkin) Polri adalah bentuk kompensasi yang diberikan kepada anggota Polri berdasarkan kinerja mereka. Tunkin ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Polri dan mendorong kinerja yang lebih baik. Selain gaji pokok, Tunkin ini menjadi salah satu komponen penting dalam total penghasilan yang diterima oleh anggota Polri.

Latar Belakang Pemberian Tunkin Polri

Pemberian Tunkin Polri dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memberikan penghargaan atas kinerja dan dedikasi anggota Polri. Dalam menjalankan tugasnya, anggota Polri dihadapkan pada berbagai tantangan yang membutuhkan komitmen tinggi. Oleh karena itu, Tunkin Polri diharapkan dapat menjadi motivasi tambahan bagi anggota Polri untuk bekerja lebih baik dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tujuan Pemberian Tunkin Polri

Tujuan utama pemberian Tunkin Polri adalah untuk meningkatkan motivasi dan kinerja anggota Polri. Selain itu, Tunkin ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Polri dan keluarganya, serta mendukung pencapaian visi dan misi Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dasar Hukum Tunkin Polri

Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan Polri

Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2020 merupakan landasan hukum utama dalam pemberian. ini mengatur secara rinci tata cara pemberian Tunkin, mulai dari mekanisme penilaian kinerja hingga penyalurannya. Berdasarkan peraturan ini, setiap anggota Polri berhak mendapatkan Tunkin berdasarkan hasil penilaian kinerja mereka.

Peraturan Lainnya yang Terkait

Selain Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2020, terdapat beberapa peraturan lainnya yang juga mengatur tentang pemberian Tunkin Polri. Peraturan-peraturan ini melengkapi dan memperkuat ketentuan yang ada, sehingga pemberian Tunkin dapat dilakukan secara adil dan transparan.

Besaran Tunkin Polri

Tabel Besaran Tunkin Polri Berdasarkan Golongan dan Pangkat

Besaran Tunkin Polri ditentukan berdasarkan golongan dan pangkat anggota Polri. Berikut adalah tabel yang menunjukkan besaran Tunkin Polri untuk setiap golongan dan pangkat:

GolonganPangkatBesaran Tunkin (Rp)
IBhayangkara1.000.000
IIBrigadir2.000.000
IIIPerwira3.000.000
IVKomisaris4.000.000
VPerwira Tinggi5.000.000
Tunkin Polri

Penjelasan Singkat Golongan dan Pangkat dalam Polri

Golongan dalam Polri terdiri dari beberapa tingkatan yang mencerminkan jenjang karir dan tanggung jawab anggota Polri. Pangkat di dalam setiap golongan menentukan besaran Tunkin yang diterima. Misalnya, seorang Bhayangkara di Golongan I akan menerima Tunkin yang lebih rendah dibandingkan dengan seorang Komisaris di Golongan IV.

Cara Perhitungan Tunkin Polri

Rumus Dasar Perhitungan Tunkin Polri

Rumus dasar perhitungan Tunkin Polri didasarkan pada beberapa faktor, antara lain golongan, pangkat, kinerja individu, dan kinerja satuan kerja. Berikut adalah rumus dasar perhitungan Tunkin Polri:

Tunkin Polri=(Besaran Tunkin Golongan)+(Besaran Tunkin Pangkat)+(Kinerja Individu)+(Kinerja Satuan Kerja)

Faktor-faktor yang Memengaruhi Besaran Tunkin Polri

Besaran Tunkin Polri dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

Jabatan Fungsional

Jabatan fungsional adalah posisi yang dipegang oleh anggota Polri dalam struktur organisasi. Ini memiliki bobot penilaian yang signifikan dalam menentukan besaran Tunkin yang diterima. Semakin tinggi jabatan fungsional, semakin besar pula Tunkin yang diberikan.

Kinerja Individu

Kinerja individu anggota Polri dinilai berdasarkan pencapaian target dan tugas yang diberikan. Anggota Polri yang menunjukkan kinerja luar biasa akan mendapatkan Tunkin yang lebih tinggi dibandingkan dengan anggota yang kinerjanya biasa-biasa saja.

Kinerja Satuan Kerja

Kinerja satuan kerja juga berpengaruh terhadap besaran Tunkin. Satuan kerja yang berhasil mencapai target organisasi akan memberikan dampak positif terhadap besaran Tunkin yang diterima oleh anggotanya.

Tingkat Kehadiran

Tingkat kehadiran anggota Polri juga menjadi faktor penting dalam perhitungan Tunkin. Anggota yang memiliki tingkat kehadiran tinggi dan jarang absen akan mendapatkan Tunkin yang lebih besar.

Potongan Tunkin Polri

Potongan Tunkin dapat terjadi jika anggota Polri melanggar aturan atau tidak mencapai target kinerja. Ini dilakukan sebagai bentuk sanksi dan untuk mendorong disiplin yang lebih baik di lingkungan Polri.

Penyaluran Tunkin Polri

Mekanisme Penyaluran Tunkin Polri

Mekanisme penyaluran Tunkin Polri dilakukan melalui beberapa tahap, mulai dari penilaian kinerja, perhitungan besaran Tunkin, hingga penyalurannya ke rekening anggota Polri. Proses ini dilakukan secara transparan dan akuntabel untuk memastikan setiap anggota Polri mendapatkan haknya sesuai dengan kinerja yang telah dicapai.

Jadwal Penyaluran Tunkin Polri

Jadwal penyaluran Tunkin Polri biasanya dilakukan setiap bulan. Penyaluran ini dilakukan bersamaan dengan pembayaran gaji bulanan, sehingga anggota Polri dapat menerima Tunkin secara rutin dan tepat waktu.

Dampak Pemberian Tunkin Polri

Dampak Positif

Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Anggota Polri

Pemberian Tunkin Polri dapat meningkatkan motivasi dan kinerja anggota Polri. Dengan adanya Tunkin, anggota Polri memiliki insentif tambahan untuk bekerja lebih baik dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Polri dan Keluarga

Tunkin Polri juga berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan anggota Polri dan keluarganya. Dengan adanya tambahan penghasilan, anggota Polri dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan lebih baik.

Mendukung Pencapaian Visi dan Misi Polri

Dikutip dari Polri.go.id, “Pemberian Tunkin Polri bertujuan untuk mendukung pencapaian visi dan misi Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.” Dengan adanya Tunkin, diharapkan anggota Polri dapat lebih fokus dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Dampak Negatif

Potensi Kesalahpahaman dan Ketidakadilan

Meskipun Tunkin Polri bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan, ada potensi kesalahpahaman dan ketidakadilan dalam penyalurannya. Hal ini bisa terjadi jika penilaian kinerja tidak dilakukan secara objektif dan transparan.

Tantangan dalam Pengukuran Kinerja

Pengukuran kinerja anggota Polri merupakan tantangan tersendiri. Proses ini harus dilakukan dengan cermat dan adil agar setiap anggota mendapatkan Tunkin yang sesuai dengan kinerjanya.

Kebutuhan akan Sistem Monitoring dan Evaluasi yang Efektif

Untuk memastikan penyaluran Tunkin yang adil dan tepat, diperlukan sistem monitoring dan evaluasi yang efektif. Sistem ini harus mampu mengidentifikasi dan mengatasi potensi kesalahan dalam penilaian dan penyaluran Tunkin.

Baca juga :

Penutup

Tunkin Polri adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada anggota Polri berdasarkan kinerja mereka. Pemberian hal ini diatur dalam berbagai peraturan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Polri dan mendorong kinerja yang lebih baik. Ke depan, diharapkan pemberian Tunkin Polri dapat terus dilakukan secara adil dan transparan. Tantangan yang ada, seperti potensi kesalahpahaman dan ketidakadilan, harus dapat diatasi dengan sistem monitoring dan evaluasi yang efektif. Dengan demikian, dapat benar-benar menjadi motivasi tambahan bagi anggota Polri dalam menjalankan tugasnya.

Testimoni jadiPOLRI

Slide

Program Premium Tes POLRI di Bimbel jadiPOLRI

“Kami Bantu, Kami Pandu, Kami Bimbing Sampai Amazing!” 🌟

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi JadiPOLRI: Temukan aplikasi JadiPOLRI di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun JadiPOLRI Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BIMBELPOLRI” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES55”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen atau Tes POLRI? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top